Minggu, 05 November 2017

7 Langkah Mudik Lebaran Aman dan Hemat Kantong

Image: http://news.diwarta.com/2017/05/20/2592-tips-mudik-hemat-kantong-dan-aman.html
Mudik menjadi sebuah tradisi tahunan khususnya di Indonesia, moment yang selalu di tunggu-tunggu saat para perantau pulang kampung menuju daerah asal masing-masing. Bagaimana tidak, bersilaturahmi bersama keluarga dan bertemu rekan-rekan di desa menjadi kepuasan batin yang tidak ternilai, ratusan kilometer pun mereka tempuh dengan suka cita. Tradisi ini tidak mengenal agama atau suku bangsa, saat menjelang lebaran, saatnya libur panjang bagi orang yang rindu kampung halaman !!.
Perjalanan mudik bukan cuma butuh waktu dan energi khusus. Mudik juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tidak asal modal nekat saja. Asal nekat sah-sah saja karena sudah terlalu rindu kampung halaman, tetapi jangan sampai mengabaikan tips berikut, bagaimana pengelolaan keuangan agar mudik 2017 ini tidak membuat kondisi keuangan berantakan? Simak langkah-langkah berikut ini:
1. Waktu Yang Tepat
Ketika sudah berencana untuk mudik, sebaiknya pilih waktu yang tepat. Jika memakai transportasi umum seperti Travel, Bus, Kereta, Kapal laut, Pesawat terbang, pesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari sebelumnya, hal itu untuk mendapatkan harga tiket murah dan antisipasi kehabisan tiket. Jika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, cek keamanan kendaraan jauh-jauh hari. Service ke bengkel akan lebih baik untuk kesiapan kendaraan anda saat perjalanan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Karena ketidak siapan kendaraan anda jangan sampai menjadi penghalang sampai ke tujuan, waktu dan biaya lebih bisa saja terjadi.
2. Siapkan Kondisi Mental dan Fisik
Persiapkan kondisi mental dan fisik agar kondisi kesehatan dan fikiran anda tidak menurun saat hari H keberangkatan. Karena mungkin saja saat perjalanan anda tengah puasa. Bawalah obat-obatan seperlunya seperti obat masuk angin, membawa roti atau bekal kecil seperti makanan dan minuman ringan lebih efektif daripada membeli dalam perjalanan apalagi di tempat-tempat persinggahan, Anda akan mendapatkan harga yang lebih mahal.
3. Atur Anggaran Biaya Dengan Teliti
Agar tidak bingung dan berakhir dengan uang yang habis tanpa alasan yang jelas, mempunyai daftar anggaran biaya pengeluaran akan menjadi lebih baik. Seperti budget tiket pulang-pergi atau budget bensin, oleh-oleh, angpao dan yang lainnya. Yang paling penting, jangan memaksakan kebutuhan yang tidak bisa anda penuhi. Percaya atau tidak, uang anda akan tetap habis meskipun sudah mengukuhkan niat hanya untuk keperluan tertentu.
4. Jangan berlebihan, Bawalah Barang Secukupnya
Apabila menggunakan transportasi umum, membawa barang terlalu banyak akan merepotkan dan juga melelahkan, tata lah barang dengan rapi dan pilah-pilah mana yang sekira lebih penting. Jika menggunakan sepeda motor, jangan sampai barang bawaan melebihi kapasitas, akan sangat berbahaya jika menganggu manuver berkendara. Bawalah barang dengan bijak. Untuk mobil pribadi juga tidak kalah penting, jangan overload penumpang maupun barang, pahamilah medan dan kondisi kendaraan anda.
5. Pelajari Rute Mudik Yang Efektif
Perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan pelajarilah rute perjalanan mudik yang efektif sebelum anda berangkat agar tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Jauh sebelum hari H keberangkatan, carilah informasi sekitar perjalanan anda, mengenai info tol yang bisa di lalui, kondisi lalu lintas, pengalihan arus dan sebagainya. Cerdik menentukan perjalanan bisa menghemat waktu bensin tentunya.
6. Ikuti Program Mudik Gratis
Program menarik yang satu ini tentu layak di coba. Caranya mudah, cukup perhatikan informasi dari beberapa instansi pemerintah, perusahaan swasta, bahkan perusahaan retail terdekat, lalu segera daftarkan diri anda.
7. Berdoa dan Tetap Memberi Kabar
Terakhir yang tidak boleh dilupakan sebelum melakukan mudik, berdoa agar di beri kelancaran dan sampai tujuan dengan selamat. Memberi kabar kepada keluarga di rumah tidak ada salahnya agar keberadaan anda bisa terus terpantau dengan baik. Kekuatan doa bisa merubah segalanya.
Itulah 7 langkah aman hemat mudik saat lebaran, pesan dari penulis "Tetap hati-hati dalam perjalanan, jangan lupa berdoa, patuhi marka dan rambu lalu lintas, utamakan kesabaran dan jangan tergesa-gesa sampai tujuan, istirahat ketika merasa lelah dan mengantuk, jangan segan untuk bertanya kepada aparat maupun petugas yang ada di lapangan". #Bertemu di KampungHalaman.
Sumber Referensi :
https://www.halomoney.co.id/blog/jurus-dan-siasat-hemat-saat-menempuh-mudik-2017
http://news.diwarta.com/2017/05/20/2592-tips-mudik-hemat-kantong-dan-aman.html
http://thehappydept.com/inilah-lima-info-mudik-lebaran-hemat-tanpa-menguras-kantong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerennya Seniman Jepang Buat Patung Mitologi dari Pasir Pantai

Seniman bernama Toshihiko Hosaka, membuat kreasi patung dengan berbagai fitur dengan banyak detail. Ia sudah membuat  patung yang sebagian ...