Kamis, 02 November 2017

Pria 22 Tahun Ini Berhasil Atasi Ransomware Wannacry

Image: https://kumparan.com
Pada akhir pekan ini warga dunia sedang dihebohkan dengan adanya Virus Ransomware, karena virus ini melumpuhkan operasional seperti sistem antrean, ,data pasien atau sistem pembayaran yang tidak dapat diakses oleh pegawai rumah sakit.
Baru-baru ini seorang pria 22 tahun asal Inggris menjadi pahlawan dalam kepanikan karena ia berhasil menghentikan penyebaran virus tersebut. Aksi yang dilakukan tersebut sebagai aksi yang tidak sengaja.
Dikutip dari tekno.liputan6.com (15/5/2017) pria yang bekerja di perusahaan Cyrptos Logic  asal Amerika yang menuturkan telah menemukan cara mengatasi Ransomeware WannaCry yaitu dengan mendaftarkan domain yang digunakan untuk menyebarkannya, "saya menemukan beberapa malware terhubung dengan domain yang spesifik tapi tak didaftarkan", tuturnya. Dengan mendaftarkannya domain tersebut menjadi aktif, penyebaran malware pun berhenti. Harga dari satu domain adalah 10.69 USD atau setara 140.000,00 rupiah, alasan pembelian domain tersebut adalah untuk melacak botnet, sehingga dapat mengetahui perilaku, gambaran dan cara kerja bagaimana botnet tersebut bisa menyebar.
Meskipun penemuannya tersebut tidak memperbaiki dokumen dan mengembalikan data yang terkunci akibat malware WannaCry, namun penemuan tersebut telah berjasa mengentikan penyebaran Malware ke komputer baru di seluruh dunia.
Sayangnya identitas dari orang 22 tahun tersebut tidak diungkapkan karena berkaitan dengan keamanan dan tengah bekerja melawan kejahatan. Kendati sudah berhasil, penyerang akan segera mengetahui cara-cara yang digunakan untuk menghentikan aksinya sehingga mereka akan membuat kode-kode baru dengan serangan yang serupa.
Image: Ransomeware http://www.iapp.com
Di langsir dari halaman kumparan.com (14/5/2017), Ransome WannaCry mulai disebar pada 14 April 2017 melalui sebuah kelompok yang menamakan Shadow Brokers yang tahun lalu mengclaim mencuri senjata Cyber milik Badan Intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), WannaCry sendiri menyebar secara masif pada akhir pekan ini tanggal 12 Mei 2017 nama lainnya adalah WanaCrptor 2.0, WannCry, WCry. WannaCry adalah program jahat kategori Worm, dimana ia bisa masuk ke komputer kamu, mencoba masuk komputer lainnya dan menyebarkan diri sejauh mungkin.
Referensi : http://tekno.liputan6.com/read/2951451/aksi-pria-22-tahun-ini-berhasil-atasi-ransomware-wannacry
Referensi : https://kumparan.com/aditiarizkinugraha/pria-22-tahun-secara-tak-sengaja-setop-peredaran-ransomware-wannacry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerennya Seniman Jepang Buat Patung Mitologi dari Pasir Pantai

Seniman bernama Toshihiko Hosaka, membuat kreasi patung dengan berbagai fitur dengan banyak detail. Ia sudah membuat  patung yang sebagian ...