Kamis, 02 November 2017

Tips Sahur Menyehatkan, Membuat Fit Bekerja Selama Berpuasa

Puasa adalah menahan diri dari hal yang membatalkan puasa, termasuk juga nafsu untuk menahan makan. Di Indonesia puasa 1438 H kali ini berdurasi sekitar 13 jam atau lebih dari setengah hari, cukup lama bukan. Pada saat sahur orang cenderung memikirkan makan banyak dan berlebihan, oleh karena itu menu sahur sebaiknya jangan asal-asalan karena menu sahur  harus mencukupi asupan makanan yang akan kita konsumsi, tubuh akan melakukan aktifitas seharian dan harus di bekali nutrisi yang cukup sampai berbuka puasa.
Bagi sobat yang mempunyai kesibukan bekerja terlebih di luar ruangan berikut tips sahur yang sehat dan tetap fit di lansir dari sharingdisini.com (13/07/2013):
1. Asupan cairan yang cukup
Mulailah sahur dengan meminum air putih agar tubuh tidak terhidrasi saat berpuasa, karena tubuh akan banyak keilangan cairan.
2. Perbanyak sayur dan buah-buahan
Sayur mengandung banyak vitamin, sayur juga mengadung zat besi untuk mengatur kadar hemoglobin pada tubuh. Saat berpuasa tubuh kehilangan banyak sel darah merah yang membuat lemas dan mengantuk karena berkurangnya asupan oksigen. Zat besi ini banyak terdapat pada sayur bayam dan daun singong. Kemudian, buah-buahan mengandung elektrolit serta serat yang baik bagi tubuh, sehingga memberi kesegaran dan menghindarkan sembelit saat berpuasa. Buah-buahan juga bisa di konsumsi dalam bentuk jus ataupun smootie. Ada juga buah pisang dan jeruk yang mengandung magnesium dan potasium berguna untuk memproduksi energi tubuh.
3. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Gandum dan nasi merah adalah contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan tersebut kaya akan serat yang dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan, sehingga menimbukan efek kenyang yang lebih lama dan membuat gula darah lebih stabil.
4. Protein
Protein berguna sebagai cadangan energi bagi tubuh, ketika mengkonsumsi protein tubuh memecahnya menjadi asam amino yang di butuhkan otot dan darah. Daging, telur, ikan, kacang-kacangan, susu kedelai adalah sumber protein yang baik.
5. Jangan minum kopi, teh, konsumsi lemak dan makan pedas.
Kopi dan teh mengandung zat diuretic, zat yang membuat kencing terus sehingga menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Selain itu kopi juga meningkatkan asam lambung yang membuat perut terasa perih dan sebah. Kemudian mengkonsumsi lemak dan pedas juga meningkatkan kadar kolesterol dan gangguan pencernaan. Kemudian,
6. Jangan tidur usai sholat subuh
Walapun tidur tubuh akan tetap mengolah makanan menjadi energi, jadi sia-sia apabila energi tersebut hanya di gunakan untuk tidur, gunakan waktu tersebut dengan beberapa beraktivitas yang akan mendukungmu dalam kegiatan nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerennya Seniman Jepang Buat Patung Mitologi dari Pasir Pantai

Seniman bernama Toshihiko Hosaka, membuat kreasi patung dengan berbagai fitur dengan banyak detail. Ia sudah membuat  patung yang sebagian ...