Kamis, 02 November 2017

Baru Baru Ini Terlihat Fenomena Langka di Antartika

Antartika merupakan benua yang berada di kutub sebelah selatan Bumi yang dikelilingi tiga Samudra besar yaitu Samudra Hindia, Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, benua ini merupakan benua terbesar ke 5 dengan  98% daratan tertutup oleh es.
Baru-baru ini terjadi fenomena penampakan yang dinamakan "Dragon Skin" atau Kulit Naga.
Dilangsir dari halaman mirror.co.uk (9/5/2017) yang berjudul "Rare 'dragon-skin' ice spotted in Antarctica and researchers are rushing to study the phenomenon" yang diartikan, Langka "Kulit Naga" terlihat di Antartika peneliti bergegas mempelajari fenomena tersebut.
Gambar fenomena Dragon Skin/Kulit Naga
Image: http://www.mirror.co.uk/science/rare-dragon-skin-ice-spotted-10387057
Dalam halaman tersebut dikatakan bahwa fenomena ini terjadi pada saat badai dan angin kencang  mengalirkan air bahkan disaat membeku, hasilnya adalah formasi alami yang dramatis dan peneliti masih belum mengetahui sepenuhnya. Es kulit naga dibuat oleh angin kencang yang disebut angin katabatik. Angin ini cukup kuat untuk mengambil permukaan es yang membeku dan mengeluarkan air di bawahnya. sehingga menciptakan pola berseragam dan berlapis.
Fenomena baru-baru ini tentang Dragon Ice, yang berada di Antartika adalah yang pertama dalam 10 tahun dan berharap para ilmuan mendapatkan kesempatan untuk mempelajarinya, dikutip dari halaman mirror.co.uk (9/5/2017), "Es Kulit Naga sangat langka, aneh, bukti kekacauan yang lebih gelap didunia Cryospheric, tidak terlihat di Antartika sejak tahun 2007", ucap Dr. Guy Williams anggota Institute Marine and Antartic Studies at The University of Tasmania dan merupakan salah satu peneliti yang melihat es. Dunia Cryosfer adalah wilayah Bumi yang permukaannya tertutup oleh es, terutama di daerah kutub.
"Bayangkan nampan es batu, anda isi sekali. Setelah seminggu, anda mendapatkan satu nampan es batu, tetapi jika anda mengosongkan dan mengisi kembali nampan setiap malam, anda akan mendapatkan lebih banyak lagi," tambah Williams.
Gambar fenomena Dragon Skin/Kulit Naga
Image: http://www.mirror.co.uk/science/rare-dragon-skin-ice-spotted-10387057

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerennya Seniman Jepang Buat Patung Mitologi dari Pasir Pantai

Seniman bernama Toshihiko Hosaka, membuat kreasi patung dengan berbagai fitur dengan banyak detail. Ia sudah membuat  patung yang sebagian ...