Kamis, 02 November 2017

Selain WannaCry, inilah Malware Paling Berbahaya dalam Sejarah No 8 awal mula Cyber War

Malicious Software atau di singkat Malware adalah sebuah software code / program komputer yang di ciptakan seseorang untuk tujuan jahat seperti dapat merubah data, menghapus, menyembunyikan, bahkan mencuri data, sehingga dipastikan akan merugikan pihak lain.
Tetapi ada yang lebih jahat dari malware biasa yaitu malware berjenis Worm. dikutip dari maxmanroe.com, Worm adalah malware yang dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Berarti jika worm telah menginfeksi sebuah komputer dan masuk ke dalam jaringan, maka worm ini akan berpindah ke dalam sebuah jaringan tersebut dengan otomatis dan secara masif tanpa dapat di cegah oleh pemilik komputer yang berada dalam jaringan tersebut.
Berikut adalah malware Worm yang paling terkenal sepanjang sejarah :
1. Morris (internet worm) 1988
Image: https://jalantikus.com
Morris adalah malware berjenis worm pertama di dunia, menyebar melalui internet pada tanggal 02 November 1988, menyebabkan kerugian $100 juta dan menginfeksi 6000 lebih komputer termasuk milik NASA. Karena kehebohannya Morris di pamerkan dalam Boston Museum Of Science yang diabadikan dalam bentuk Floppy Disk.
2. Melissa 1999
Image: http://www.heise.de
Melissa juga dikenal Mailissa, Simpsons, Kwyjibo atau Kwejeebo, dibuat pada tahun 1999 oleh David L Smith. Worm ini melakukan penyebaran melalui semua pengguna email dengan dokumen "Here is that document you asked for.. don't show anyone else", parahnya malware ini mampu berkembang biak di file word dal excel dan menginfeksi 20 persen komputer di dunia.
3. I Love You (LoveLetter/Lovebug) 2000
Image: http://www.indocropcircles.wordpress.com
Malware I love You di ciptakan oleh Onel de Guzman asal Filipina, menyebar pada tahun 2000 dengan mendistribusikan email dengan subject "iloveyou" berisi pesan "kindly check the attached loveletter coming from me" dan lampiran file bejudul love letter for you.txt.vbs. Apabila di buka akan otomatis mereplay dan mengirim ke semua kontak email pengguna. Malware ini dapat menghapus file .jpg dan . jpeg, menyebabkan kerugian $10 milyar di 20 negara.
4. Nimda 2001
Image: https://nakedsecurity.sophos.com
Nimda kebalikan dari kata "admin", muncul pada tahun 2001 dengan penyebaran yang sangat cepat, Nimda hanya butuh waktu 22 menit untuk menjadi malware Top 10 menurut TrueSecure CTO Peter Trippet. Menyebar dan menyerang server-server internet, Nimda juga membuat backdoor ke Sistem Operasi, sehingga bisa mengakses server dan berbuat apa saja. Ya sesuai namanya.
5. SQL Slammer 2003
Image: http://joemonster.org
Muncul 25 Januari 2013 dan menyebar dengan sangat cepat, menginfeksi 75 ribu komputer dalam 10 menit, membuat hancur layanan 911, layanan Bank Amerika Rusak dan membuat beberapa penerbangaan terganggu karena error check-in dan ticketing, malware ini membuat kerugian senilai $1 milyar. Didalam malware tersebut menuliskan pesan kepada Bill Gates, " I Just want to say love you SAN!! billy gates why do you make thus possible? Stop making money and fix your software!!".
6. MyDoom (Novarg, Mimail.R) 2004 
Image: http://mydoomworm.blogspot.co.id
MyDoom mulai menyerang pada 1 Februari 2004. Dengan cara mencuri alamat email dan disebarkan ke korban barunya, selain itu malware ini dapat mengunduh fitur tambahan dan menginfeksi search engine, akibatnya Google menerima jutaan permintaan, membuat lambat dan akhirnya crash. Gara-gara MyDoom senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center. MyDoom dikenal sebagai malware terkejam sepanjang 2004.
7. Agent.Btz (Agent.Awf) 2008
Image: http://mydoomworm.blogspot.co.id
Pada tahun 2008 Malware ganas bernama Agent.Btz berhasil mengacau sistem kemanan Pentagon Amerika Serikat. Bahkan pihak Pentagon sampai mendirikan departemen Militer US Cyber Command, malware ini menyebar melalui Thumb.drive , menginstall dan mencuri data penting.
8. Stuxnet 2010
Image: http://www.whitec0de.com/
Di anggap paling berbahaya, malware ini muncul pada pertengahan tahun 2010, menyerang sistem Supevisory Control and Data Acquisition (SCADA). Menurut kabar Stuxnet di buat oleh Amerika Serikat untuk menyerang fasilitas nuklir milik Iran. Stuxnet dianggap sebagai cikal bakal perang Cyber.
9. Flame (Flamer, sKyWlper) 2012
Image: https://securelist.com
Flame atau Flammer dianggap malware tercanggih pada tahun 2012, pasalnya malware ini dapat menginfeksi dan menjalankan sistem windows dengan sendirinya dan hampir sama berbahayanya dengan Stuxnet. Malware ini dirancang untuk perang Cyber. Flame awalnya ditemukan menyerang komputer pejabat Iran, namun malah menyebar ke berbagai negara di Timur Tengah seperti Lebanon, Israel, Suriah dan Palestina.
10. Ransomeware WannaCry 2017
Image: http://www.kompasiana.com
Ransomware WannaCry adalah malware jahat yang mengganggu dan melumpuhkan sistem operasional pada komputer sehingga seluruh data pengguna tidak dapat di akses. Mulai di sebar pada 14 April 2017, malware ini secara masif menginfeksi komputer lebih dari 100 negara pada 12 Mei 2017. Seperti Layanan Kesehatan di Inggris, Jasa Pengiriman di Amerika Serikat, perusahaan multinasional di Spanyol dll. Cara kerja malware ini adalah mengirimkan Link ke email, apabila satu komputer terinfeksi, maka akan langsung menyebar ke komputer lainnya dalam satu jaringan secara cepat. Malware ini dianggap sebagai serangan Cyber terbesar yang pernah ada.

Sumber referensi : 
http://sharingilmukom.blogspot.co.id/2010/05/macam-macam-virus-ganas-yang-menyerang.html
https://jalantikus.com/tips/serem-ini-dia-10-virus-komputer-berbahaya-sepanjang-sejarah/
https://www.maxmanroe.com/perbedaan-malware-virus-trojan-spyware-dan-worm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerennya Seniman Jepang Buat Patung Mitologi dari Pasir Pantai

Seniman bernama Toshihiko Hosaka, membuat kreasi patung dengan berbagai fitur dengan banyak detail. Ia sudah membuat  patung yang sebagian ...